Ruang Sejarah
Menurut Widja (1989: 70) menyebutnya dengan "Ruang Sejarah", yaitu
suatu ruangan khusus yang merupakan tempat peragaan dan pemantapan pelajaran
sejarah. Tempat ini bukan sekedar berfungsi memperagakan benda-benda sejarah,
namun lebih dari itu adalah tempat pemantapan pelajaran sejarah sebab, di situ
termasuk juga kegiatankegiatan yang memungkinkan murid menghayati arti sejarah
secara lebih mendalam. Harus diakui bahwa, jenis media ini memang masih
tergolong ideal.
Manfaat Ruang Sejarah/ Laboratorium, yaitu:
1) Sebagai tempat
untuk melatih mengembangkan ketrampilan intelektual melalui kegiatan
pengamatan, pencatatan, dan mengkaji gejala-gejala lain.
2) Mengembangkan ketrampilan motorik dalam mempergunakan
alat-alat media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran
3) Memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiwah
seorang ilmuwan.
Kelebihan penggunaan ruang sejarah dalam pembelajaran:
a) Peserta didik dapat berganti situasi baru
b) Situasi pembelajaran biasanya lebih menyenangkan
c) Peserta
didik dapat menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat
untuk mengambilnya karena memang sudah tersedia
Kekurangan penggunaan ruang sejarah dalam pembelajaran:
a) Memerlukan dana yang tinggi, juga barangkali dipandang belum
perlu
b) Belum tentu ruang laboratorium lebih menyenangkan
c) Sering
ada peserta didik lain yang lalu lalang karena memerlukan alat lain yang ada di
laboratorium.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar