Minggu, 14 Desember 2014

Ruang Sejarah

Ruang Sejarah
            Menurut Widja (1989: 70) menyebutnya dengan "Ruang Sejarah", yaitu suatu ruangan khusus yang merupakan tempat peragaan dan pemantapan pelajaran sejarah. Tempat ini bukan sekedar berfungsi memperagakan benda-benda sejarah, namun lebih dari itu adalah tempat pemantapan pelajaran sejarah sebab, di situ termasuk juga kegiatankegiatan yang memungkinkan murid menghayati arti sejarah secara lebih mendalam. Harus diakui bahwa, jenis media ini memang masih tergolong ideal.

Manfaat Ruang Sejarah/ Laboratorium, yaitu:
1) Sebagai tempat untuk melatih mengembangkan ketrampilan intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan, dan mengkaji gejala-gejala lain.
2)     Mengembangkan ketrampilan motorik dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran
3)     Memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiwah seorang ilmuwan.

Kelebihan penggunaan ruang sejarah dalam pembelajaran:
a)     Peserta didik dapat berganti situasi baru
b)    Situasi pembelajaran biasanya lebih menyenangkan
c)   Peserta didik dapat menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat untuk mengambilnya karena memang sudah tersedia

Kekurangan penggunaan ruang sejarah dalam pembelajaran:
a)     Memerlukan dana yang tinggi, juga barangkali dipandang belum perlu
b)    Belum tentu ruang laboratorium lebih menyenangkan

c)  Sering ada peserta didik lain yang lalu lalang karena memerlukan alat lain yang ada di laboratorium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar